IIBF Bandar Lampung selenggarakan Workshop Financial Literacy

IIBF bekerja sama dengan Embun Organaizer dan FPM menyelenggarkan workshop dengan tema Financial Literacy di Aula Si Ormar Bakery Metro, Sabtu (22/08/2015). Pada workshop ini pemateri mengungkap rahasia akuntansi keuangan.

Penyelenggaraan acara ini syarat akan nuansa Islami, sesuai dengan nama lembaga yang diusung, IIBF (Indonesia Islamic Bisnis Forum). Sebagai contoh, tempat duduk antara laki-laki dan perempuang yang terpisah, serta acara diawali dengan tilawah Al-Quran oleh Akhi Furqan. Kemudian, sambutan yang disampaikan oleh anggota IIBF dari Metro yang juga ketua Embun Organizer, Bp. Anwar.

Dalam sambutannya Anwar menyampaikan bahwa IIBF punya 70 tool yang konsen untuk mengembangkan ekonomi umat Islam.

Beliau berpesan kepada peserta, “Mohon acara ini diikuti dengan seksama dan serius. Ilmu ini bisa dipakai di segala bidang lembaga dan bisnis”.

Pembina IIBF Lampung Bp. Ulul Azmi yang juga hadir pada kesempatan ini, menyampaikan materi tentang semangat membangun keuangan umat Islam. Menurut ulul, Tujuan IIBF mencetak pengusaha berkelas dunia dan berkarakter (bertakwa kepada Allah).

Untuk materi utama Financial Literacy disampaikan oleh Bp. Samsul Huda selaku ketua IIBF Lampung. Beliau menyampaikan bahwa keberhasilan atau kegagalan sebuah usaha dapat dilihat dari bagaimana si pemilik usaha itu membukukan keuangannya.

Samsul mengakui kegagalan usaha nya dulu karena beliau tidak memahami tentang Financil Literacy ini. Sehingga usahanya harus bangkrut dalam waktu 3 tahun dengan kerugian 300jutaan. Namun, ketika samsul menemukan IIBF dan mendapatkan ilmu Financial Litercay ini, keuangan usaha yang beliau jalankan semakin maju dan berkembang pesat. Tentunya dengan pertolongan dari Allah.

Pada akhir penyampaian materi ini, Samsul memberikan kiat-kiat agar tidak bangkrut dengan memahami kondisi keuangan usaha kita. Apa dan bagaimana tindakan yang mesti diambil.

Workshop ini dilaksanakan selama 2 hari, berakhir hari Ahad lalu, (23/08/2015). Acara ini juga didukung oleh Kepontren AlMuhsin, Anwar Herbatama, Si Omar Bakery, Muhsina Propertindo, BMT Fajar, dan segenap usaha lainnya.

Reporter :  Diro

Editor: Diro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *