Mengetuk Pintu Langit

AlMuhsin.or.id – 5 Januari 2018. Hujan yang mengguyur tak membuat semangat luntur. Alhamdulillah Agenda Pengajian Keluarga Besar Al Muhsin yang diselenggarakan oleh Bidang Dakwah Al Muhsin berjalan khidmat ditengah hujan lebat.
.
Edisi spesial bulan ini bersama KH. Sudarman S.Pd.I, bidang dakwah mengusung tema “MENGETUK PINTU LANGIT” untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa dewan Asatidzah dan seluruh karyawan Al Muhsin.
.
“Karena tugas berat seorang pendidik adalah bukan hanya mengajar di kelas, tapi bagaimana betul-betul menjadi suri tauladan yang baik bagi para santri, terutama dalam masalah ibadah dan amal yaumi.”
.
“Pada slogan yang terpampang jelas di salah satu sudut pesantren, bertuliskan

كل ما ترى و كل ما تسمع و كل ما تشعر ڤإنه تربية

“Setiap yang anda lihat, setiap yang anda dengar, setiap yang anda rasakan, maka sesungguhnya itu adalah TARBIYAH.” Demikian beliau Ust. Sudarman mengawali pengajian untuk menyadarkan kepada dewan Asatidzah bahwa tugas utama mereka adalah TARBIYAH.”
.
“Syaikh Fathi Yakan salah satu inspirator pergerakan dari Mesir menyebutkan ada empat cara seorang muslim meningkatkan iman dan taqwanya kepada Allah, “Mu’ahadah, Muraqabah, Muhasabah, dan terakhir Mu’aqobah.”
.
“Sebagaimana kebiasaan Salafus Shaleh yang senantiasa bermu’aqobah (menghukum) dirinya sendiri sebagai salah satu sebab cara mereka MENGETUK PINTU LANGIT.”
.
“Maka “Gerakan Amal Shaleh” (GAS) perlu digalakkan di Lingkungan Pesantren, seluruh civitas akademika yang ada, baik asatidz maupun santri, hingga amal yaumi menjadi budaya yang menghujam dalam hati, mengakar dalam jiwa.”
.
Gerakan Amal Shaleh ini terdiri dari 10 Amal Yaumi yang senantiasa mengiringi di setiap bilangan hari :
1. Sholat Jamaah tepat waktu
2. Sholat Rawatib 12 raka’at
3. Sholat Fajar
4. Qiyamullail minimal witir
5. Sholat Dhuha
6. Zikir (Ba’da Sholat dan Pagi-Sore)
7. Tilawatil Qur’an
8. Melazimi Infaq
9. Memilih salah satu dari Shiyam Sunnah (Daud, Senin-Kamis, Ayyamul Bidh)
10. Silaturrahim dan Ziyarah Ikhwan.
.
“Demikianlah satu diantara sekian banyak cara kita MENGETUK PINTU LANGIT dengan menegakkan dan merutinkan amal Sholeh dalam rangka Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan, Menghindarkan diri dari Kemaksiatan, Mengikis sekat-sekat kebencian, Menimbun jurang-jurang permusuhan, dan tentunya menyongsong Rahmat, barokah dan Kemenangan.”
.
Barakallah fikum
Purwosari, 19 Rabiul Akhir 1439 H
Redaksi : Farhat Asy Syuja’ie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *