Menuai Berkah Dengan Sedekah

Ketika Allah menganugerahkan kesuksesan dan harta yang melimpah, terkadang seseorang lupa menunaikan kewajibannya, lupa untuk saling berbagi kepada sesama. Hingga, ketika kematian telah datang barulah ia bersedekah, padahal itu sedikitpun tidaklah bermanfaat baginya. Sungguh dalam harta itu, padanya terdapat bagian hak orang lain.

Maka jika harta melimpah tetapi masih terasa kurang saja, hendaklah bersedekah agar harta menjadi suci, berkah dan menentramkan jiwa. Jika hidup terasa serba kekurangan, maka jemputlah harta yang dijanjikan dengan sedekah, karena sedekah yang utama adalah dalam keadaan sehat, ingin kaya dan takut miskin.

Yakinlah bahwa sedekah itu tidaklah mengurangi harta melainkan Allah menambahkan jumlah serta keberkahan pada harta itu. Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki dan perkembangan harta darinya.

Rasulullah bersabda, “Infaqkanlah hartamu, janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau menyedekahkannya). Jika tidak maka Allah akan menghilangkan keberkahan rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugrah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugrah dan kemurahan untukmu.” (HR. Bukhari Muslim)

Ibnu Baththal berkata, ‘Janganlah engkau menyimpan-nyimpan harta tanpa menyedekahkannya. Janganlah engkau enggan bersedekah karena takut hartamu berkurang. Jika seperti itu, Allah akan menahan rizki untukmu sebagaimana Allah menahan rizki untuk para peminta-minta.’

Rasulullah bersabda, “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim)

Imam an-Nawawi menjelaskan makna hadits di atas  memiliki dua penafsiran: 1) Harta akan diberkahi dan dihilangkan berbagai dampak bahaya padanya. 2) Walau secara bentuk harta berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan harta akan diganti dengan kelipatan yang banyak.

Jadi saat seseorang bersedekah mungkin secara kuantitas bisa jadi berkurang, namun ingatlah bahwa dengan sedekah yang dikeluarkan tadi akan membuat harta semakin berkah, bahkan Allah menjanjikan akan mengganti dengan harta yang melimpah di dunia atau kenikmatan lainnya yang Allah pandang lebih bermanfaat baginya. Lebih dari itu, Allah juga berjanji akan menggandakan pahala di akhirat, serta menganugerahi sifat qanaah (merasa cukup dengan apa yang dimiliki).

Maka tunggu apa lagi, semakin banyak seseorang memberi maka semakin banyak pula yang ia dapatkan. Bersedekahlah, dan hartapun menjadi berkah.

Facebook: https://www.facebook.com/AlmuhsinMetro/

Email: [email protected]

Website: www.almuhsin.or.id

Youtube : Almuhsin Channel

Instagram: Muhsina_Media

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *