PROGRAM HALAQOH SANTRI PON-PES AL MUHSIN

Metro,9/11/2017 ,Pola pembinaan santri di Pondok Pesantren Islam Al Muhsin tidak hanya di laksanakan ketika kegitan pembelajaran formal yaitu dari jam 07.00-15.00, tetapi juga di lakukan ketika di luar jam formal Sekolah, salah satu Program Pembinaan santri adalah Program  HALAQOH santri, program ini di bagi dua jenjang yaitu Jenjang MA dan MTs.

Ba’da dzikir seusai shalat Shubuh para santri dari Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) menuju ke area Halaqoh masing masing kemudian duduk berkelompok membentuk lingkaran. Tiap kelompok terdiri dari 10-12 orang yang di pandu oleh satu orang Ustadz, Kegiatan ini umumnya dilakukan di berbagai area pesantren seperti saung,masjid,kelas dan maktabah.

Program Halaqoh ini dilakukan setiap kamis pagi setelah sholat shubuh, karena di waktu pagi adalah waktu terbaik untuk melakukan kegiatan baik bimbingan,tahfidz,atau muroja’ah , di dalam kegiatan halaqoh ini para murobbi akan menyampaikan nasehat dan penyampaian taujih- taujih terkait dengan  kehidupan di pesantren yang di dalamnya termasuk juga membahas permasalahan yang di alami santri baik di dalam atau di luar pesantren

Program Halaqoh ini juga  berfungsi sebagai sarana muakhhoh (mempersaudarakan). Dalam halaqah ini antara anggota halaqoh yang satu dengan anggota yang lainnya merupakan sebuah keluarga, dimana terjadi hubungan yang intensif untuk saling mengenali (ta’aruf), saling memahami (tafahum), saling membantu (ta’awun), dan saling menanggung (takaflul).
Segala persoalan yang terjadi pada anggota halaqah secara dini dapat diketahui oleh anggota yang lain dalam halaqah, demikian pula penyelesaiannya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *